Jumat, 24 Juli 2009

  • H o m e
  • Di dalam biota laut ikan hiu banyak memiliki peran namun , yang paling penting peranannya dalam biota laut adalah sebagai penyeimbang ekosistem laut . Sebelum menjelaskan hal tersebut tidak salahnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu ekosistem yang dimaksud ekosistem adalah kumpulan dari beberpa individu makhluk hidup yang berbeda ataupun sama berkumpul dalam suatu tempat atau habitat . Berikut ini adalah gambar piramida ekosistem laut
    Piramida Ekosistem Laut

    Dari gambar di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa keberadaan ikan hiu sangat diperlukan dalam penyeimbang ekosistem laut namun, apabila makhluk hidup terindah dan terunik ini musnah apa yang akan terjadi dalam ekosistem laut maka yang terjadi adalah sebagai berikut :

    - Yang pertama pasti konsumen pertama dan kedua jumlahnya makin banyak terutama konsumen ke kedua.

    - Apabila konsumen kedua jumlahnya lebih banyak maka konsumen pertama akan musnah karena sudah habis oleh konsumen kedua.

    - Setelah itu apabila konsumen pertama habis maka konsumen kedua akan musnah

    - Dan yang tersisa hanyalah produsen dan biota laut.Menurut, logika apabila produsen tidak ada yang memangsa maka jumlahnya akan semakin banyak dan biota laut akan berkurang jumlahnya dan musnah kemudian biota laut pun musnah.

    - Yang tersisa adalah produsen dan yang berperan sebagai produsen disini adalah tumbuhan disini produsen bisa bisa dilestarikan keberadaannya karena manusia memiliki teknologi yang semakin berkembang maka digunakan pupuk namun, disini para tumbuhan yang berada di biota laut apabila menggunakan pupuk sangat susah kemungkinan berhasil sangat kecil karena medium air.Dan disini apa yang terjadi tumbuhan akan atau produsen akan musnah .

    - Apabila tumbuhan di dalam ekosistem laut musnah maka air laut/ air asin akan menjadi tawar dan kemudian kering apabila kering maka biota lainnya di udara dan darat tidak dapat mengkonsumsi air mungkin hanya mengandalkan air tawar. Namun, air tawar asalnya dari air laut dan di bumi ini akan terjadi ketiadaan air sama sekali apa yang terjadi dalam benak kita adalah semua ekosistem di bumi ini akan musnah.

    Komposisi laut jika dibandingkan dengan daratan lebih besar dikarenakan tuhan mengetahui akan kebutuhan makhluk hidup di bumi ini akan air itu sangat besar dan air adalah produk yang paling vital dimuka bumi ini. Apabila ekosistem laut ini musnah karena hal kecil maka maka ekosistem laut akan musnah dan kehidupan di bumi ini pun hilang/musnah.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar